Perkenalkan 3 Bidang Konsentrasi Program Studi dan Komunitas, Dialog Akademik Digelar

Dialog akademik kembali digelar oleh program studi Teknik Komputer pada hari Sabtu (6/4/2019). Dialog tersebut digelar dengan tema tema “Sinergi Civitas Akademika Program Studi Teknik Komputer Dalam Mewujudkan Visi dan Misi Teknik Komputer Menuju Akreditasi Tahun 2020”.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Program Studi Teknik Komputer, Bapak Dr. Satria Gunawan Zain, S.Pd., M.T., dimana sebelumnya dilakukan pembacaan ayat suci Al-quran oleh saudara Ardian.

Pada sambutannya, Bapak Dr. Satria berharap seluruh mahasiswa dapat betul-betul serius untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya melalui pilihan bidang konsentrasi dan komunitas-komunitas yang telah dibentuk.

Dialog akademik yang digelar di Ruang EG202 tersebut  dibagi kedalam 3 sesi. Dimana sesi pertama mengagendakan perkenalan tiga konsentrasi yang ada di program studi Teknik Komputer, yakni; Embedded System, Artificial Intelligence, dan Network & Security, sesi kedua perkenalan Komunitas, dan sesi ketiga mengenai perkenalan Organisasi dan Perilaku.

Pada sesi pertama, perkenalan tiga bidang konsentrasi,  Bapak Dr. Eng. Jumadi M Parenreng, S.Kom., M.Kom. memperkenalkan konsentrasi Embedded System diperkenalkan, Konsentrasi Artificial Intelligence oleh Bapak Dr. Satria Gunawan Zain, S.Pd., M.T., dan konsentrasi Network & Security oleh Bapak Dr. Eng. Abd. Wahid, S.Kom., M.Kom.

Tiap ketua konsentrasi menjelaskan mengenai; defenisi dari konsentrasi yang dibawakannya, mata kuliah apa saja yang akan dipelajari, bagaimana prospek kerja lulusan, dan hal lainnya yang dianggap penting untuk disampaikan.  Sehingga mahasiswa diharapkan dapat menentukan pilihan konsentrasi mereka kedepan sesuai dengan minatnya, bukan karena hanya sekedar ikut-ikutan dengan teman-temannya.

Pada sesi kedua, melalui kegiatan yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa teknik komputer tersebut, disempatkan untuk memperkenalkan komunitas-komunitas yang akan dibentuk di program studi teknik informatika, yakni; Komunitas Arduino, Web Developer, Digital Enterpreneur, IOT, Deep Learning, dan Robot & Roket.

Komunitas tersebut dibentuk karena adanya kesadaran bahwa apa yang didapatkan oleh mahasiswa dibangku perkuliahan perlu didukung dengan pembentukan iklim akademik yang baik melalui wadah komunitas.

Pada dialog tersebut Bapak Andi Baso Kaswar, S.Pd., M.Kom memperkenalkan Komunitas Arduino, Web Developer oleh Fhatiah Adiba, S.Pd., M.Cs, Andi Akram Nur Rizal, S.Pd., M.Kom. memperkenalkan Digital Enterpreneur dan Deep Learning, Dr. Satria Gunawan, S.Pd., M.T.  memperkenalkan komunitas Robot & Roket serta IOT.

Sama seperti pemilihan konsentrasi, seluruh dosen teknik komputer berharap dengan diperkenalkannya komunitas ini, mahasiswa dapat menjadikan komunitas sebagai wadah untuk saling belajar dan berbagi pengetahuan sesuai bidang masing-masing. Sehingga melalui komunitas, mahasiswa dapat mengembangkan dirinya lebih maksimal.

Pada sesi terakhir, Bapak Suhartono, S.Kom., M.Kom membawakan materi mengenai Organisasi & Perilaku. Hal tersebut penting untuk disampaikan kepada mahasiswa karena akan menjadi modalnya untuk dapat berorganisasi dan bersosialisasi dengan baik kedepannya.

Dengan selesainya kegiatan tersebut, diharapkan seluruh mahasiswa idak lagi bingung untuk menentukan pilihan konsentrasi dan komunitasnya. Sehingga, mereka dapat mengembangkan minat dan bakatnya dengan baik dan maksimal.

Melalui berita ini, segenap dosen program studi Teknik Komputer mengucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa yang telah menjadi panitia pelaksana.

Berkat kerja keras mereka kegiatan dialog akademik ini sukses digelar.

Maju terus Teknik Komputer !