Roundtable Meeting III, Bahas Tuntas Metode Pengklasteran Berbasis Jarak Mahalanobis untuk Segmentasi Citra

Program studi teknik komputer sukses menggelar kegiatan diskusi ilmiah rutin pada hari Jumat (26/4/2019) yang lalu. Seperti biasanya, roundtable meeting yang dimulai pada pukul 16.00 WITA tersebut sukses digelar di ruang Program Studi Teknik Komputer dan dihadiri oleh dosen dan beberapa mahasiswa.

Pada meeting ke-3 tersebut, Andi Baso Kaswar, S.Pd., M.Kom. membawakan materi mengenai segmentasi citra menggunakan metode Mahalanobis Histogram Thresholding-Mahalanobis Fuzzy C-Means.  Berdasarkan penjelasan dosen dengan bidang keahlian komputasi cerdas ini, algoritma segmentasi Fuzzy C-Means berbasis jarak Mahalanobis dapat digunakan untuk mensegmentasi ikan tuna.

Namun, inisialisasi derajat keanggotaan piksel dan centroid klaster secara random mengakibatkan proses segmentasi menjadi tidak efisien dalam hal iterasi dan waktu komputasi. Akhirnya diusulkanlah metode baru untuk segmentasi citra ikan tuna dengan Mahalanobis Histogram Thresholding (M-HT) dan Mahalanobis Fuzzy C-Means (MFCM).

Metode yang diusulkan tersebut terdiri atas tiga tahap utama, yaitu: inisialisasi centroid, pengklasteran piksel dan peningkatan akurasi. Berdasarkan hasil ekseprimen, diperoleh rata-rata jumlah iterasi sebanyak 66 iterasi dengan rata-rata waktu segmentasi sebesar 162,03 detik. Rata-rata Akurasi sebesar 98,54% dengan rata-rata tingkat Missclassification Error sebesar 1,46%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa metode yang diusulkan dapat meningkatkan efisiensi metode segmentasi dalam hal jumlah iterasi dan waktu segmentasi. Selain itu, metode yang diusulkan dapat memberikan hasil segmentasi yang lebih akurat dibandingkan dengan metode konvensional.