Wanda Hamidah, Mahasiswa Teknik Komputer yang Telah Memiliki Penghasilan Sendiri Berkat Skill Gambar Ilustrasi

Apa yang anda bayangkan ketika melihat mahasiswa yang baru berada pada semester kedua dalam perjalanannya menuntut ilmu di kampus? Mungkin yang terbayang di pikiran banyak orang adalah mahasiswa tersebut masih culun, polos, dan belum punya skill apa-apa. Jika pandangan anda seperti itu, maka anda salah besar.

Wanda Hamidah merupakan salah satu mahasiswi Teknik Komputer yang baru duduk di bangku semester 2. Siapa sangka mahasiswa kelahiran Makassar, 26 Desember 2001 tersebut punya skill unik. Berkat skill yang dimilikinya ini Wanda bahkan telah memiliki penghasilan sendiri. Tidak tanggung-tanggung, karyanya bahkan bisa dihargai hingga $50 (50 dollar = Rp.711.500,-). Karyanyapun kebanyakan merupakan pesanan dari luar negeri (seperti: Amerika, Belanda, Prancis, dll).

Skill Wanda yang kami maksud adalah keahliannya dalam menggambar ilustrasi. Merujuk kepada Brainly.co.id, gambar Ilustrasi adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi, lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.

Wanda sendiri mulai menggambar ilustrasi sejak masih duduk di bangku kelas 1 SMA. Awalnya ia hanya menggunakan kertas dan ballpoint, namun karena dirasa sulit untuk mengubah dan menghapus goresan yang salah maka Wanda beralih menggunakan media digital (Paint Tool Sai). Di awal perjalanan menggambar ilustrasinya, Wanda hanya menggambar untuk dirinya sendiri, namun setelah bergabung ke beberapa grup komunitas gambar ilustrasi akhirnya Wanda mencoba untuk membuka commission (pembayaran jasa).

Wanda menerima pesanan baik berupa foto ataupun deskripsi gambar lalu ia konversi menjadi sebuah gambar ilustrasi yang sangat indah. Jasanya tersebut awalnya hanya dihargai puluhan ribu rupiah. Seiring seringnya ia menerima jasa menggambar ilustrasi tersebut, perlahan tapi pasti skillnyapun meningkat dan kini gambar karyanya bahkan sudah dihargai hingga puluhan dollar.

Diwawancarai di ruang Prodi Teknik Komputer, Wanda berharap suatu saat nanti ia bisa menciptakan webtoon sendiri. Pada kesempatan lain, dosen-dosen Prodi Teknik Komputer yang sempat kami wawancarai menyatakan sangat mendukung hal positif seperti yang dilakukan oleh Wanda.

Jika anda ingin melihat karya-karya mahaisswa Teknik Komputer ini, anda dapat mengunjungi akun IG(mifuifumi) atau https://www.fiverr.com/miifuchi untuk melihat karya Wanda Hamidah.

Sukses terus Wanda Hamidah. Kami menunggu karya-karyamu….

 

Maju terus Teknik Komputer!