Alfian Firlansyah Lulusan Terbaik Di Program Studi Teknik Komputer yang Memiliki Segudang Prestasi

Alfian Firlansyah menjadi lulusan terbaik di Program Studi Teknik Komputer pada wisuda periode September tahun ajaran 2022/2023 Universitas Negeri Makassar.

Alfian memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.88 dalam waktu tiga tahun sepuluh bulan dengan predikat cumlaude. 

Pria yang biasa dipanggil Fian tersebut mengungkapkan dirinya merasa bersyukur atas capaian yang ia peroleh. 

“Perasaan saya pasti senang, terlebih melihat orang tua saya yang terharu bangga dengan pencapaian saya, bahagianya bukan main”, ungkap Fian. 

Selama kuliah di program studi Teknik Komputer JTIK FT UNM mahasiswa kelahiran Makassar tersebut memiliki segudang prestasi diantaranya: 

  1. Juara 1 UI/UX Design Mobile Competition – Skema Internet of Things di lingkup JTIK
  2. Penerima Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa 2020 – Skema PKM-PSH (Penelitian Sosial Humaniora)
  3. Penerima Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa 2022 – Skema PKM-P (Pengabdian)
  4. Mendapatkan sertifikat Junior Mobile Computing – Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Negeri Makassar
  5. Mendapatkan sertifikat global yaitu TensorFlow Developer Certificate – Google Developer Certification.

Selain itu, Fian juga aktif di organisasi seperti, Anggota Bidang III Pengembangan Humas dan Kesejahteraan Sosial (Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer), dan Core Team Manager Machine Learning Developer (GDSC UNM Google Developer Student Clubs). Ia pun mengikuti program magang bersertifikat di PT Impact Byte Teknologi Edukasi dengan Final Project Creating New Feature on Application Gold Investment Challenge Partner Amartha. 

Masih belum puas dengan pencapaian yang ada, Fian pun mengikuti Studi Independen di Bangkit Academy led by Google, Tokopedia, Gojek & Traveloka path Machine Learning dengan Capstone Project PimpleMe!, dan Generasi GIGIH 2.0 by YABB & GoTo Yayasan Anak Bangsa Bisa track Data Analyst dengan Capstone Project Indonesia’s Waste Management Dashboard, semua berhasil diselesaikan dengan final score yang sempurna, padahal saat itu ia sedang menyusun skripsi.

Semua prestasi yang Fian dapatkan tentu tidak mudah, apalagi manajemen waktu. Fian menegaskan kunci manajemen waktu yang baik ialah harus bisa menentukan prioritas utama, supaya tidak ada pekerjaan yang keteteran. 

Selain itu, keberhasilan yang diraihnya juga berkat dukungan dan masukan oleh dosen pembimbingnya, Dr. Satria Gunawan Zain, S.Pd., M.T., dan Andi Baso Kaswar, S.Pd., M.Kom.

Berkat bantuan tersebut, Fian berhasil menyelesaikan skripsi dengan baik hingga memperoleh nilai yang memuaskan.