Mahasiswa Teknik Komputer FT-UNM Menunjukkan Eksistensinya Melalui Pameran Proyek UAS

Program Studi Teknik Komputer FT-UNM untuk pertama kalinya menggelar Pameran Proyek Ujian Akhir Mahasiswa. Pameran inovasi karya mahasiswa ini mengusung tema Menjawab Tantangan Industri 4.0 Teknologi Cerdas.

Pameran ini berlangsung di Aula Dekanat Fakultas Teknik pada hari Kamis (12/12/2019) yang dihadiri oleh Prof. Dr. H. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng. (Dekan FT), Dr. Ir. Ahmad Rifqi Asrib, M.T. (Wakil Dekan III), Dr. Satria Gunawan Zain, M.T. (Ketua Prodi Teknik Komputer) dan seluruh civitas akademika Program Studi Teknik Komputer.

Dalam sambutannya, Dr. Satria Gunawan Zain, M.T. menekankan perlunya mengembangkan kreatifitas mahasiswa agar mereka dapat menciptakan berbagai inovasi di bidang teknologi komputer. Beliau berharap setiap mahasiswa fokus terhadap rencana risetnya sehingga produk yang dihasilkan dapat mencapai titik komersil yang siap disebarkan ke masyarakat yang membutuhkan.

Di tempat yang sama, dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan pameran, Prof. Dr. H. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng. mengapresiasi dan mendukung penuh terlaksanakanya kegiatan pameran ini. Menurut Beliau, pameran ini merupakan event yang sangat positif yang menumbuhkan kreatifitas mahasiswa. Beliau berharap pameran ini dapat dilaksanakan secara rutin tiap tahunnya.

Dalam pameran yang dilaksanakan pagi hingga sore hari tersebut, dipamerkan berbagai hasil karya mahasiswa dari 4 Mata Kuliah dan 6 kelas. Mata kuliah semester 1 dari kelas A, B, dan C yakni Algoritma & Pemrograman Dasar. Sedangkan untuk mata kuliah semester 3 dari kelas A, B, dan C yakni, Pemrograman Lanjut, Pemrograman Web, dan Kewirausahaan.

 

Pada pameran ini, pengunjung tidak hanya dapat menikmati secara visual hasil karya mahasiswa, melainkan juga dapat menambah pengetahuan melalui pertanyaan atau simulasi terkait apa yang disajikan dalam pameran tersebut, mulai dari pengimplementasian game, web, ataupun simulasi langsung produk yang dipamerkan.

Sebagai informasi tambahan, kegiatan pameran yang ditangani langsung oleh dosen-dosen Teknik Komputer ini diikuti kurang lebih 80 kelompok/produk, dimana 4 diantaranya berasal dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Adapun produk yang dipamerkan diantaranya berupa aplikasi game, web, aplikasi desktop, dan produk kewirausahaan. Selain itu juga terdapat produk system cerdas berbasis mikrokontroler Arduino dan Internet of Things (IoT) seperti; Smarthome, RFID Door, Smartdoor, Jemuran Cerdas, Taman Cerdas, Smartcar, Smart Trash IoT dilengkapi web, mesin sortir, dan lain-lain.

Dosen Teknik Komputer berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan budaya akademik yang baik. Sebab, melalui kegiatan seperti ini akan terlihat potensi-potensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Sehingga dapat membangun kebanggaan mahasiswa dengan karya yang telah mereka hasilkan. Dengan begitu, mereka akan trus berinovasi dan berkarya.

TEKNIK KOMPUTER

#KamiAda #KamiBangga

Beberapa foto dokumentasi kegiatan sebagai berikut: