Program Studi Teknik Komputer dan ARTEKOM Sukses Menggelar Workshop Internet of Things berbasis ESP32

Program Studi Teknik Komputer didukung Komunitas Ardunio Teknik Komputer (ARTEKOM) FT UNM sukses menggelar Workshop Internet of Things berbasis ESP32 pada hari senin (13/3/2020) yang lalu. Kegiatan yang sangat bermanfaat ini digelar untuk mendukung kompetensi mahasiswa dalam menciptakan perangkat keras berbasis Internet of Things.

Diwawancarai di akhir kegiatan, menurut Andi Baso Kaswar, S.Pd., M.Kom dosen Teknik Komputer selaku pemateri, Internet of Things atau biasa disingkat dengan IoT adalah teknologi yang memungkinkan semua benda / perangkat elektronik disekitar kita dapat terhubung kedalam suatu jaringan internet. Sehingga dengan teknologi ini kita dapat memonitoring ataupun mengontrol perangkat yang terhubung kapanpun dan dimanapun. Sebagai contoh, misalnya sistem monitoring ketinggian air di Bendungan Bili-Bili. Dengan menggunakan teknologi IoT ini, informasi mengenai ketinggian air di bendungan tersebut dapat diketahui secara real time oleh masyarakat hanya dengan mengakses informasinya melalui internet tanpa perlu menunggu petugas mengecek secara manual.

Kegiatan yang dilaksanakan di Laboratorium Teknik Komputer tersebut disambut baik oleh mahasiswa, utamanya mahasiswa semester 2. Hal tersebut dibuktikan dengan peserta yang jumlahnya dibatasi hanya 30 orang sebagian besar diisi oleh Angkatan 2019. Bahkan panitia menambahkan beberapa kursi karena adanya permintaan dari peserta. Menurut panitia, berdasarkan form pendaftaran yang dibuat pada google form, seat yang dibuka sebagian besar diikuti oleh mahasiswa Angkatan 2019 dan beberapa orang Angkatan 2018 namun pada saat pelaksanaan kegiatan ada beberapa mahasiswa yang berhalangan hadir sehingga total mahasiswa yang hadir adalah 29 orang mahasiswa yang semuanya adalah mahasiswa semester 2.

Pada workshop yang difasilitasi oleh program studi ini, terdapat beberapa materi yang dipaparkan oleh pemateri yaitu:
1. ESP32 dan Sensor
2. Web Server
3. Web Client
4. Step by step membangun sistem monitoring sederhana berbasis IoT
5. Bedah Kode (C/C++, PHP, HTML, MySQL)

Selain mendengarkan penjelasan dari pemateri, modul yang disediakan pada kegiatan ini dilengkapi dengan penjelasan detil tahap demi tahap menciptakan sistem monitoring sederhana berbasis IoT. Bahkan hampir disetiap baris perintah juga disertakan komentar penjelasan mengenai maksud dari baris perintah tersebut. Penitia mempersiapkan kegiatan ini dengan baik dengan harapan mahasiswa peserta workshop dapat betul-betul memahami apa yang mereka kerjakan. Setelah mengikuti kegiatan ini mahasiswa telah mampu menciptakan sistem monitoring sederhana dimana data sensor dikirim melalui ESP32 dan disimpan kedalam database secara online. Lalu, data tersebut ditampilkan melalui interface berupa halaman web yang diakses melalui web browser.

Di akhir kegiatan panitia juga meminta feedback dari mahasiswa berupa quisioner online (Google form). Tanpa memasukkan nama ataupun identitas lainnya, setiap mahasiswa diminta untuk mengisi kuisioner tersebut dengan penuh kejujuran.
Salah satu kesimpulan yang panitia dapatkan berdasarkan data kuisioner yang dikumpulkan adalah bahwa semua mahasiswa peserta workshop merasa mendapatkan pengetahuan tambahan dari kegiatan tersebut. Selain itu sebagian besar berharap aka ada workshop tambahan yang membahas lebih mendalam lagi tentang IoT.

Panitia dan pemateri berharap agar kedepannya mahasiswa tetap semangat untuk mencari ilmu-ilmu baru di luar kelas formal. Sebab, materi kuliah yang didapatkan dikelas perlu disertai suplemen pengetahuan tambahan dari luar atau komunitas belajar yang ada.

Pada kesempatan tersebut panitia juga berterima kasih kepada Ketua Program Studi Teknik Komputer dan seluruh dosen yang telah mendukung penuh kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sukses.
Dosen aktif,
Mahasiswa Semangat,
Teknik Komputer Maju!