2 Mahasiswa Teknik Komputer Ikuti Program Magang Bersertifikat di PT Andromedia Indonesia – Surabaya

Tidak henti-hentinya prestasi ditorehkan oleh mahasiswa Prodi Teknik Komputer, Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik UNM. Kali ini, 2 orang mahasiswa angkatan 2018 lolos seleksi salah satu program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) yaitu program Magang Bersertifikat.

Dikutip dari halaman kampusmerdeka.kemdikbud.go.id, Magang Bersertifikat adalah program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Pada program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata selama 1-2 semester. Setelah mengikuti kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh hards skills maupun soft skills yang akan membuat mereka lebih siap untuk memasuki dunia kerja dan karirnya.

Pada program Magang Bersertifikat tahun ini, Muhammad Nur Yusri Maulidin Yusuf dan Indri Pratiwi Ramadhani berhasil lolos. Saat ini keduanya berada di Surabaya untuk magang di salah satu perusahan ternama yaitu PT Andromedia Indonesia selama 5 bulan (21 Feb 2022 – 22 Jul 2022). PT Andromedia Indonesia sendiri merupakan perusahaan berbasis information system services. Perusahaan ini mengembangkan, menerapkan, mengintegrasikan, meningkatkan, dan mengaktifkan sistem informasi untuk banyak organisasi/perusahaan sejak tahun 2008. Selain itu, Andromedia berpengalaman menyediakan solusi yang disesuaikan untuk industri besar, nasional, dan perusahaan multinasional.

Di PT Andromedia Indonesia, Indri dan Yusri menempati posisi yang berbeda. Indri ditempatkan sebagai intern UI/UX Designer, Indri sering ditugaskan untuk mengerjakan beberapa project dari tim UI/UX Andromedia. Hingga saat ini, Indri telah membantu sebanyak 3 (tiga) proses UI/UX Designing pada project-project di Andromedia. Ia membantu proses perancangan Design System, merancang layout dari UI dan di sesuaikan dengan UX, serta membantu pengerjaan UI/UX Design hingga tahap prototyping. Adapun Yusri ditempatkan sebagai Full-Stack Developer Intern. Yusi ditugaskan untuk mengembangkan dan mengerjakan 2 (dua) project aplikasi mobile perusahaan menggunakan React Native (JavaScript) dan Native Android (Kotlin). Dalam pengerjaan project, di dalam tim menerapkan framework atau kerangka kerja Scrum dalam manajemen project. Tiap hari di jam kerja (Senin-Jum’at) melakukan Daily Sprint untuk mengupdate pekerjaan, dan melakukan Sprint Review di akhir jam kerja (Jum’at) untuk meninjau hasil pekerjaan yang dilakukan selama 1-2 minggu.

Menurut Indri, ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan mengikuti program ini. Program ini membuat ia lebih paham terkait alur pengerjaan UI/UX, lebih familiar dengan seperti apa kondisi saat bekerja langsung di dalam perusahaan. Dengan demikian, ketika sudah ada saatnya ia kembali terjun ke lingkup kerja sebagai full-time UI/UX Designer, ia tidak akan begitu kesulitan beradaptasi dengan sistem kerja yang tentunya berbeda dengan keseharian saat kuliah. Selain itu, lingkaran pertemanan Indri juga meluas. Ia juga bisa ‘jalan-jalan’ gratis karena kebetulan, magang yang ia ikuti saat ini memakai sistem hybrid, yaitu 3 bulan WFH, dan 2 bulan WFO di Surabaya.

Senada dengan Indri, Yusri juga merasa ada banyak keuntungan yang ia dapatkan. Yusri mengaku banyak belajar mengenai elemen-elemen yang umum digunakan di dalam perusahaan seperti penggunaan Scrum Framework, membuat rancangan Design System, serta kerja sama tim. Dari segi technical, ia belajar tentang penggunaan React Native yang masih awam bagi dirinya, serta bisa menerapkan penggunaan Native Android (Kotlin) yang sudah ia pelajari selama ini, langsung ke dalam project. Selain itu, ia mendapat banyak relasi baru dari tim lain seperti dari UI/UX, Business Analyst, Quality Assurance, yang berasal dari beragam daerah dan kampus di Indonesia.

#KamiTeknikKomputer
#KamiBangga!
#JTIK FT UNM