Kepala Laboratorium JTIK dan Dosen Saling Bahu-membahu Menyusun Renstra Laboratorium

Pada tanggal 21 Juni 2022, Kepala Laboratorium JTIK, Dr. Eng. Jumadi M Parenreng, S.ST., M.Kom. bersama dosen muda dan CPNS Prodi Teknik Komputer dan PTIK melaksanakan penyesuaian rencana strategis laboratorium JTIK. Penyesuaian renstra yang akan dilakukan hingga tanggal 5 Juli 2022 tersebut dilakukan dalam rangka proses adaptasi arah pengembangan laboratorium dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Sebagaimana diketahui bahwa salah satu dampak dari pesatnya perkembangan teknologi saat ini adalah munculnya berbagai macam pekerjaan baru yang tidak pernah ada sebelumnya. Sebaliknya, juga banyak pekerjaan yang hilang karena tergantikan oleh teknologi.

Kepala Laboratorium JTIK FT UNM beserta dosen menyadari bahwa agar dapat menjadi laboratorium yang unggul dalam mendukung kegitan Tri Dharama Perguruan Tinggi, utamanya dalam menghasilkan mahasiswa yang kompeten dan berkualitas tidaklah mudah dan memiliki tantangan tersendiri. Sehubungan dengan itu, maka diperlukan fasilitas dan peralatan laboratorium dan SDM yang unggul serta suasana akademik yang kondusif untuk mendukung pencapaian output dan outcome yang memiliki daya saing global. Kesadaran, semangat, dan optimisme tersebut kemudian dituangkan dalam renstra laboratorium JTIK.

           Saat ini telah dirancang 6 program pokok laboratorium JTIK yang berkaitan dengan:

  1. Perlengkapan, peralatan dan bahan laboratorium,
  2. Tata kelola laboratorium yang modern,
  3. Pusat penelitian dosen dan mahasiswa JTIK,
  4. Pusat pengembangan kreatifitas dan inovasi berbasis riset ilmiah,
  5. Kerjasama dan penjaminan mutu,
  6. Kewirausahaan.

Kepala laboratorium dan dosen berharap agar renstra tersebut nantinya dapat menjadi acuan dalam pengembangan laboratorium sehingga dapat menunjang dan mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di laboratorium.