ANANTA DWI PRAYOGA BERHASIL MERAIH 2 PENGHARGAAN SEKALIGUS PADA PROGRAM STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT YANG DILAKSANAKAN OLEH DICODING ACADEMY

Ananta Dwi Prayoga, salah satu mahasiswa Program Studi Teknik Komputer JTIK FT UNM berhasil memperoleh 2 penghargaan sekaligus pada program Studi Independen Bersertifikat (SIB) yang dilaksanakan oleh PT. Presentologics (Dicoding Academy). 2 penghargaan yang diperoleh oleh mahasiswa konsentrasi Sistem Cerdas Angkatan 2019 tersebut adalah sebagai lulusan terbaik dan Capstone Project terbaik. Pada kegiatan Studi Independen bersertifikat yang dilaksanakan selama  kurang lebih 5 bulan tersebut, Ananta mengikuti program Pengembang Front-End & Back-End.

Studi Independen Bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Kurikulum program SIB telah disesuaikan dengan peta okupasi yang diharapkan oleh industri. Lulusan program ini diharapkan dapat masuk ke ekosistem IT dan memperkaya ekosistem itu sendiri. Setiap paket didesain untuk dikonversi setara 20 (dua puluh) SKS.

Selama mengikuti program SIB, salah satu mahasiswa terbaik Angkatan 2019 Prodi Teknik Komputer tersebut melakukan berbagai proses pembelajaran, seperti:

  1. Belajar Mandiri (self-paced) selama 8 jam sehari.
  2. Belajar bersama Expert / tatap muka (instructor-led) 2 jam setiap minggu.
  3. Sesi Softskill & Periapan Karier bersama pembimbing (career-development) 2 jam setiap bulan.
  4. Sesi Konsultasi bersama pembimbing (konsultasi) 1 jam setiap minggu.
  5. Proses pengisian logbook, moodbar, dan pelaporan progress (logbook) setiap minggu.
  6. Capstone/Final Project selama 250 jam pada akhir program.

Menurut Ananta, ada beberapa keuntungan yang ia peroleh setelah mengikuti program SIB, diantaranya:

  1. Pembalajaran yang memiliki standar industri.
  2. Sesi ILT yang dibawakan oleh mentor yang ahli di bidangnya.
  3. Siswa dapat menyimpulkan dan memilih jalur karier pada bidang Software Development yang sesuai dengan diri mereka beserta mengerti hal-hal yang harus mereka persiapkan untuk mencapai dan menjalani karier tersebut.
  4. Siswa mampu menyelesaikan proyek akhir, yakni pengembangan aplikasi/solusi yang dikerjakan untuk memvalidasi skill pengembangan produk dan menambah portfolio.
  5. Siswa dapat membuat aplikasi back -end sederhana berupa RESTful API menggunakan Node.js
  6. Siswa dapat membuat aplikasi front -end web yang responsif, memiliki aksesibilitas yang baik, mudah di -maintenance, memiliki sifat native, dapat diuji, dan memiliki performa yang baik