Winda Andrayani Ahmad Sukses Membahas Implementasi Artificial Neural Network pada International Multidisciplinary Conference of Applied Sciences Tahun 2023

Makassar, 20 November 2023 – Winda Andrayani Ahmad, mahasiswa Program Studi Teknik Komputer JTIK FT UNM angkatan 2020, berhasil mempresentasikan hasil penelitiannya pada International Multidisciplinary Conference of Applied Sciences yang diselenggarakan di Unhas Hotel & Convention pada 18-19 November 2023.

International conference yang dihadiri oleh peserta dari Singapura, Malaysia, Thailand, dan Australia tersebut digelar oleh Politeknik Negeri Ujung Pandang. Dalam international conference tersebut Winda memaparkan hasil penelitian yang berjudul Klasifikasi Kualitas Buah Pepaya Berdasarkan Bentuk, Tekstur, dan Kadar Gula Menggunakan Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan. Keikutsertaan Winda dalam kegiatan International Conference ini adalah bagian dari perjalanannya menyelesaikan skripsi melalui jalur publikasi. Jalur yang dipilih sendiri oleh Winda.

Kontribusi Winda dalam international conference tersebut tidak hanya sebagai pencapaian pribadi, tetapi juga sebagai kontribusi berharga dari Universitas Negeri Makassar dalam dunia akademis internasional. “Partisipasi dalam kegiatan ini memberikan banyak dampak positif bagi saya. Saya merasa beruntung berada di tengah-tengah orang hebat. Selain menambah wawasan, presentasi teman-teman dari dalam maupun luar negeri juga sangat memotivasi saya untuk melakukan riset lebih banyak lagi,” ujar Winda.

“Bagian tersulit yang saya jalani dalam proses penelitian ini adalah pada proses running karena membutuhkan waktu yang banyak, mengingat waktu yang saya miliki sangat terbatas,” tambahnya.

Anak dari Bapak Abdul Ahmad dan Ibu Erni Kadir Nur ini juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh dosen Teknik Komputer JTIK FT UNM, kedua orang tua, dan pembimbing yang selalu memberikan dukungan dan motivasi. Ia berharap pengalamannya ini dapat menjadi semacam pembuka jalan bagi mahasiswa lain di Prodi Teknik Komputer JTIK FT UNM.

Sebagai informasi tambahan, paper yang dipresentasikan oleh Winda merupakan pengembangan dari proyek penelitian yang telah ia lakukan sejak semester 5 pada mata kuliah Digital Image Processing. Pengembangannya dilanjutkan pada semester 6 pada mata kuliah Computer Vision, Pengenalan Pola, dan Deep Learning. Dengan proses yang cukup lama tersebut, Winda akhirnya dapat menghasilkan penelitian yang berkualitas. Pencapaian yang lebih dari cukup untuk mahasiswa S1. Bahkan, Winda sebelumnya juga telah memiliki paper yang dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi Sinta 3.

Dengan judul presentasi yang menarik dan kontribusinya yang berharga dalam konferensi internasional, Winda Andrayani Ahmad tidak hanya membanggakan dirinya sendiri tetapi juga Universitas Negeri Makassar. Keberhasilannya diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk terus mengukir prestasi gemilang dalam dunia akademis.

#Kami Teknik Komputer JTIK FT UNM, Kami Bangga!